PELAYANAN PAJAK

DJP Imbau Wajib Pajak Optimalkan Pelayanan Elektronik

Redaksi DDTCNews | Kamis, 18 Juni 2020 | 15:39 WIB
DJP Imbau Wajib Pajak Optimalkan Pelayanan Elektronik

Gedung Ditjen Pajak. (DDTCNews)

JAKARTA, DDTCNews—Ditjen Pajak (DJP) tetap mengimbau wajib pajak untuk mengoptimalkan pelayanan elektronik, meski kantor pajak kembali dibuka dan melayani secara langsung atau tatap muka.

Kepala Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara Wansepta Nirwanda mengatakan pelayanan pajak secara elektronik tetap menjadi pilihan utama pada masa pandemi virus Corona atau Covid-19 ini.

"Kita minta petugas untuk selalu mengingatkan wajib pajak bahwa walaupun layanan tatap muka sudah diberlakukan, tetapi layanan daring DJP masih tetap berjalan dengan optimal," katanya dikutip dari laman resmi DJP, Kamis (18/6/2020).

Baca Juga:
DPR Tetapkan Daftar Mitra Kerja untuk Komisi XII dan Komisi XIII

Saat menyambangi KPP Pratama Makassar Barat dan KPP Pratama Maros, Wansepta juga memastikan setiap unit vertikal DJP mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan pelayanan tatap muka dengan wajib pajak.

Aspek yang ditinjau, lanjutnya, tidak hanya kesiapan sarana dan prasarana, tetapi termasuk kesiapan SDM petugas pajak untuk menjalankan fungsi pelayanan. Ini juga sejalan dengan Surat Edaran Dirjen Pajak No. 33/2020.

Surat edaran perihal pedoman penyelenggaraan pelayanan langsung tatap muka tersebut menyebutkan bahwa DJP tetap mempertahankan beberapa jenis pelayanan secara online, meski kantor pajak sudah dibuka.

Baca Juga:
Pakai Faktur Pajak Fiktif, Dirut Perusahaan Akhirnya Ditahan Kejari

Pelayanan yang dipertahankan secara online itu antara lai Pendaftaran NPWP, aktivasi atau lupa EFIN, pelaporan SPT yang sudah wajib e-Filing, permintaan Surat Keterangan Fiskal, dan permintaan validasi SSP PPhTB.

Di sisi lain, Wansepta juga menjelaskan bahwa kunjungan ke sejumlah KPP Pratama tersebut juga bertujuan untuk mengukur respons wajib pajak terhadap model baru pelayanan tatap muka DJP di masa pandemi Covid-19.

"Kami ingin tahu tingkat kepuasan wajib pajak atas layanan yang diberikan KPP Pratama," tutur Wansepta. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:06 WIB LEMBAGA LEGISLATIF

DPR Tetapkan Daftar Mitra Kerja untuk Komisi XII dan Komisi XIII

Selasa, 22 Oktober 2024 | 16:30 WIB KANWIL DJP JAWA TIMUR II

Pakai Faktur Pajak Fiktif, Dirut Perusahaan Akhirnya Ditahan Kejari

Selasa, 22 Oktober 2024 | 15:30 WIB AUSTRALIA

Bikin Orang Enggan Beli Rumah, Australia Bakal Hapus BPHTB

Selasa, 22 Oktober 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Kenaikan Tarif PPN Perlu Diikuti dengan Transparansi Belanja

BERITA PILIHAN
Selasa, 22 Oktober 2024 | 21:45 WIB LEMBAGA LEGISLATIF

Sah! Misbakhun Terpilih Jadi Ketua Komisi XI DPR 2024-2029

Selasa, 22 Oktober 2024 | 21:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

PPN Mestinya Naik Tahun Depan, Gerindra akan Bahas Bareng Kemenkeu

Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:30 WIB KPP PRATAMA JAMBI TELANAIPURA

WP Gagal Daftar LPSE karena KSWP Tidak Valid, Gara-Gara Tak Lapor SPT

Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:06 WIB LEMBAGA LEGISLATIF

DPR Tetapkan Daftar Mitra Kerja untuk Komisi XII dan Komisi XIII

Selasa, 22 Oktober 2024 | 16:41 WIB IHPS I/2024

BPK Selamatkan Keuangan Negara Rp13,66 Triliun pada Semester I/2024

Selasa, 22 Oktober 2024 | 16:30 WIB KANWIL DJP JAWA TIMUR II

Pakai Faktur Pajak Fiktif, Dirut Perusahaan Akhirnya Ditahan Kejari

Selasa, 22 Oktober 2024 | 16:00 WIB TIPS PAJAK DAERAH

Cara Daftarkan Objek Pajak Alat Berat di DKI Jakarta secara Online

Selasa, 22 Oktober 2024 | 15:30 WIB AUSTRALIA

Bikin Orang Enggan Beli Rumah, Australia Bakal Hapus BPHTB

Selasa, 22 Oktober 2024 | 14:00 WIB KP2KP SIDRAP

Ubah Kata Sandi Akun Coretax, Fiskus: Tak Perlu Cantumkan EFIN